Kamis, 04 Oktober 2012

Wamendag: Kedelai Hitam Bantul Terbaik di Dunia

Bantul: Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurti mengatakan kedelai hitam yang dihasilkan petani Bantul, Yogyakarta, termasuk salah satu jenis kedelai terbaik di dunia. "Bapak-bapak (para petani kedelai) harus bangga, karena Bantul sebagai produsen kedelai hitam, dan mungkin salah satu yang terbaik di dunia," kata wamendag saat berdialog dengan petani kedelai di Dusun Kuthu, Desa Sumbermulyo, Bantul, Senin (24/9).

Menurut Bayu, kecap adalah salah satu makanan yang bahan baku utamanya dari kedelai hitam, dan salah satu kecap dengan merek ternama yang ada di Indonesia juga membutuhkan kedelai hitam dari Bantul.

"Seperti kita ketahui bahwa kecap itu produksinya juga luar biasa, bahkan kecap ini juga diekspor sampai ke 16 negara di antaranya Hongkong, dan Arab Saudi. Jadi bapak-bapak sebagai petani harus berbesar hati," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut wamendag, para petani harus terus meningkatkan produksi kedelai ini, dengan harapan meningkatkan pendapatan, dan juga terus menjalin hubungan atau kerja sama yang baik dengan swasta, dalam hal ini konsumen.

"Jadi petani itu penting, dan perlu, karena di dalam bisnis, produsen dalam hal ini petani adalah raja, apalagi sudah terjalin kerja sama dengan swasta. Ke depan, ini akan terus kita dorong," katanya.

Menurut dia, untuk terus mengembangkan sektor pertanian ini, pihaknya membentuk suatu kemitraan antara pemerintah dan swasta, petani, dan akademik sebagai sumber ilmu yang terwadahi dalam forum dengan nama PISAgro.

"Jadi, keempat unsur itu penting dalam mewujudkan sektor pertanian berkelanjutan di Indonesia, serta mencari solusi dan membahas tantangan yang ada di sektor kedelai guna meningkatkan produktivitas," kata wamendag.

Sumber: www.metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar